RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
BAHASA
INGGRIS KURIKULUM 2013
Sekolah : MAN 1 SEMARANG
Mata Pelajaran : B. Inggris
Kelas/Semester : X Semester 1
Tema : Intention
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A.
Kompetensi Inti
KI 1:
|
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
KI
2:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif
dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
KI 3:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
|
KI 4:
|
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
B.
Kompetensi Dasar
3.3 Menerapkan fungsi social, structure teks
dan unsure kebahsaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan sesuatu tidakan
atau kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya. (perhatikan unsure
kebahasaan be going to, would like to)
4.3 Meyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan
sesuatu tindakan atau kegiatan, dengan memperhatikan fungsi social, struktur
teks, dan unsure kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
C.
Indikator
1. Mengidentifikasi fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur teks kebahasaan lisan dan tulis untuk
menyatakan dan menanyakan niat melakukan sesuatu.
2. Mengidentifikasi
dengan menyebutkan persamaan dan perbedaan dari contoh-contoh berdasarkan isi
dan cara pengungkapkannya.
3. Membuat teks
percakapan dengan memuat materi intention
D.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat
mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur teks kebahasaan lisan
dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan niat melakukan sesuatu.
2. Siswa dapat mengidentifikasi
dengan menyebutkan persamaan dan perbedaan dari contoh-contoh berdasarkan isi
dan cara pengungkapkannya.
3. Siswa dapat
membuat contoh teks percakapan dengan memuat materi intention.
E.
Metode
Pembelajaran /Teknik
Metode yang digunakan adalah Scientific Learning
F.
Materi Pokok
An Intention is in idea that you plan (or
intend) to carry out. A plan is arrangement for doing something considered in
advance. There are some expressions that you can use
to ask intention or plan
|
Stating intention
|
-
What is you plan..?
-
What are you going to do..?
-
What will you do..?
-
What are your planning to do…?
-
What would you rather do..?
|
-
I will …
-
I’m going to …
-
I would like to …
-
I would rather … than …
-
I plan to ….
|
Examples
:
1.
I will improve my English.
2.
I’m going to go to a book store.
3.
I would like to swim in the new swimming pool.
The following
are the function of phrases used to give information about the intention of
doing something
I’d like to
(verb)
|
I will (verb)
|
I’m going to
(verb)
|
I would
rather (verb) than ...
|
I’d like to =
I would like to “would like” means “want” but it is more polite.
Functions :
- Talk
about dreams and ambitions.
- It
lets someone know what you would be / interest in doing something. This can
be physical, mental, or verbal action.
- To
talk about what people want to do or are willing to do.
|
Functions :
-
At the moment we make a new
decision or plan. The thought has just come into our head.
-
Instant decision.
-
Plans decided at the moment of
speaking.
|
Functions :
- When
we have made the decision.
- When
we want to talk about a plan for the future.
- To
talk about the plan decided before the moment of speaking.
- Activity
or plan already in thought or mention or intention related to present time.
- This
is about to happen.
- An
activity that the person is about to do.
|
Functions :
When we choose
between to options.
Examples :
I would
rather stay at home than go fishing.
|
The use of “be going to” and “would like to”
1.
Be going to
We
use “Be going to” to talk about future intentions or plans which
are fairly certain. This plan does not have to be for the near future. We also
use “Be going to” when we want to make prediction based on evidence we
can see now.
Pattern: S + be + going to + infinitive
Example
: I am tired. I am going to rest for a while .
2.
Would like to
“Would
like to” is
a polite way to say “I want“ in English. In this case, we are going to discuss
about (would like to). The use “Would like to” is to talk about
ambitions , hopes, or preferences.
Pattern: S + Would like to + Infinitive
Example
: I
would like to improve my English
G.
Langkah-Langkah
Kegiatan
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
-
Guru memberi salam ( greeting)
-
Berdoa
-
Guru memeriksa kehadiran peserta
didik
-
Guru
menanyakan pengetahuan siswa sebelumnya, dengan materi yang akan dijelaskan seperti:
-What are you going to do after
this school ?
-What will you do during the
holiday ?
-After graduation from MAN 1
Semarang, what are you going to do ?
-
Guru
menyampaikan cakupan materi / Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan inti
Mengamati
-
Pesertadidik mengamati materi
Intention yang sudah disediakan oleh guru dalam LCD
-
Mencermati
beberapa contoh interaksi terkait niat melakukan sesuatu tindakan atau
kegiatan dalam atau tampilan visual (gambar, video).
-
Mengidentifikasi
dengan menyebutkan persamaan dan perbedaan dari contoh contoh yang ada dalam
video tersebut, dilihat dari isi dan cara pengungkapkannya.
Menanyai
-
Dengan bimbingan dan arahan guru,
peserta didik membuat pertanyaan terkait materi pembelajaran
Mengumpulkan informasi
-
Siswa diberikan script berupa dialogue dan mempraktekkan
ungkapanungkapan yang ada didalamnya secara berpasangan di bangku
masing-masing.
-
Siswa membuat percakapan menurut contoh yang sudah ada dalam PPT
dengan bahasa mereka sendiri.
Mengasosiasi
-
Guru meminta peserta didik untuk mengikuti instruksi yang diberikan (berupa game true
or false )
-
Dengan arahan guru siswa membandingkan antara ungkapan niat
melakukan sesuatu dalam bahasa Inggris
yang telah dipelajari
Mengkomunikasikan
-
Siswa memerankan percakapan yang mereka buat tersebut (role-play)
ke depan
kelas secara berpasangan.
|
75 menit
|
3
|
Penutup
-
Siswa menyimpulkan materi yang
telah di bahas dikelas
-
Guru memimpin berdo’a untuk
mengakhiri pembelajaran.
|
5 Menit
|
H.
Sumber /Bahan /Alat
-
PPT
-
Laptop
-
Buku LKS
RUBRIK PENILAIAN
1.
Aspek Sikap
No.
|
ButirSikap
|
Deskripsi
|
Perolehan
skor
|
1.
|
Jujur
|
Selalujujur
Seringjujur
Kadang - kadang jujur
Jarang jujur
Tidak pernah jujur
|
5
4
3
2
1
|
2.
|
Tanggungjawab
|
Selalu tanggung jawab
Sering tanggung jawab
Kadang –kadang tanggung jawab jarang tanggung jawab
Tidak pernah tanggung jawab
|
5
4
3
2
1
|
3.
|
Disiplin
|
Selalu disiplin
Sering disiplin
Kadang – kadang disiplin
Jarang disiplin
Tidak pernah disiplin
|
5
4
3
2
1
|
4.
|
Kejasama
|
Selalu kerja sama
Sering kerja sama
Kadang – kadang kerjasama
Jarang kerjasama
Tidak pernah kerja sama
|
5
4
3
2
1
|
5.
|
Percayadiri
|
Selalu percaya diri
Sering percaya diri
Kadang – kadang percaya diri
Jarang percaya diri
Tidak pernah percaya diri
|
5
4
3
2
1
|
2.
Aspek Pengetahuan
No.
|
Butir Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan
skor
|
1.
|
Pengucapan
|
Hampir sempurna
Ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
Terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
|
5
4
3
2
1
|
2.
|
Intonasi
|
Hampir sempurna
Ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
Terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
|
5
4
3
2
1
|
3.
|
Ketelitian
|
Sangat teliti
Teliti
Cukup teliti
Kurang teliti
Tidak teliti
|
5
4
3
2
1
|
4.
|
Pemahaman
|
Sangat
memahami
Memahami
Cukup
memahami
Kurang
memahami
Tidak
memahami
|
5
4
3
2
1
|
3. Aspek Ketrampilan
No.
|
Butir Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan skor
|
1.
|
Terampil
melakukan tindak komunikasi yang tepat
|
Selalu
melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
Sering
melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
Beberapa
ahli melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
Pernah
melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
Tidak
pernah melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
|
5
4
3
2
1
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar