Rabu, 07 November 2018

RPP MATERI INTENTION K-13 (KELAS X SEMESTER I)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BAHASA INGGRIS KURIKULUM 2013

Sekolah                               : MAN 1 SEMARANG
Mata Pelajaran                    : B. Inggris
Kelas/Semester                   : X Semester 1
Tema                                   : Intention
Alokasi Waktu                    : 2 x 45 menit

A.    Kompetensi Inti
KI 1:
Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
KI 2:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,  toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4:
Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar
3.3  Menerapkan fungsi social, structure teks dan unsure kebahsaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan sesuatu tidakan atau kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya. (perhatikan unsure kebahasaan be going to, would like to)
4.3 Meyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan sesuatu tindakan atau kegiatan, dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsure kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

C.    Indikator
1.      Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur teks kebahasaan lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan niat melakukan sesuatu.
2.      Mengidentifikasi dengan menyebutkan persamaan dan perbedaan dari contoh-contoh berdasarkan isi dan cara pengungkapkannya.
3.      Membuat teks percakapan dengan memuat materi intention

D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur teks kebahasaan lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan niat melakukan sesuatu.
2.      Siswa dapat mengidentifikasi dengan menyebutkan persamaan dan perbedaan dari contoh-contoh berdasarkan isi dan cara pengungkapkannya.
3.      Siswa dapat membuat contoh teks percakapan dengan memuat materi intention.

E.     Metode Pembelajaran /Teknik
Metode yang digunakan adalah Scientific Learning

F.     Materi Pokok
An Intention is in idea that you plan (or intend) to carry out. A plan is arrangement for doing something considered in advance. There are some expressions that you can use
to ask intention or plan
Stating intention
-          What is you plan..?
-          What are you going to do..?
-          What will you do..?
-          What are your planning to do…?
-          What would you rather do..?
-          I will …
-          I’m going to …
-          I would like to …
-          I would rather … than …
-          I plan to ….
Examples :
1.      I will improve my English.
2.      I’m going to go to a book store.
3.      I would like to swim in the new swimming pool.
The following are the function of phrases used to give information about the intention of doing something
I’d like to (verb)
I will (verb)
I’m going to (verb)
I would rather (verb) than ...
I’d like to = I would like to “would like” means “want” but it is more polite.
Functions :
-  Talk about dreams and ambitions.
-  It lets someone know what you would be / interest in doing something. This can be physical, mental, or verbal action.
-  To talk about what people want to do or are willing to do.
Functions :
-       At the moment we make a new decision or plan. The thought has just come into our head.
-       Instant decision.
-       Plans decided at the moment of speaking.
Functions :
-       When we have made the decision.
-       When we want to talk about a plan for the future.
-       To talk about the plan decided before the moment of speaking.
-       Activity or plan already in thought or mention or intention related to present time.
-       This is about to happen.
-       An activity that the person is about to do.
Functions :
When we choose between to options.
Examples :
I would rather stay at home than go fishing.

The use of  “be going to” and “would like to”
1.      Be going to
We use “Be going to to talk about future intentions or plans which are fairly certain. This plan does not have to be for the near future. We also use “Be going to” when we want to make prediction based on evidence we can see now.
Pattern:          S + be + going to + infinitive
Example :      I am tired. I am going to rest for a while .
2.      Would like to
“Would like to” is a polite way to say “I want“ in English. In this case, we are going to discuss about (would like to). The use “Would like to” is to talk about ambitions , hopes, or preferences.
Pattern:        S + Would like to + Infinitive
Example :      I would like to improve my English
G.    Langkah-Langkah Kegiatan
No
Kegiatan
Waktu
1
Pendahuluan
-          Guru memberi salam ( greeting)
-          Berdoa
-          Guru memeriksa kehadiran peserta didik
-          Guru menanyakan pengetahuan siswa sebelumnya, dengan materi yang akan dijelaskan seperti:
-What are you going to do after this school ?
-What will you do during the holiday ?
-After graduation from MAN 1 Semarang, what are you going to do ?
-          Guru menyampaikan cakupan materi / Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
10 menit
2
Kegiatan inti
Mengamati
-          Pesertadidik mengamati materi Intention yang sudah disediakan oleh guru dalam LCD
-          Mencermati beberapa contoh interaksi terkait niat melakukan sesuatu tindakan atau kegiatan dalam atau tampilan visual (gambar, video).
-          Mengidentifikasi dengan menyebutkan persamaan dan perbedaan dari contoh contoh yang ada dalam video tersebut, dilihat dari isi dan cara pengungkapkannya.
Menanyai
-          Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik membuat pertanyaan terkait materi  pembelajaran
Mengumpulkan informasi
-          Siswa diberikan script berupa dialogue dan mempraktekkan ungkapanungkapan yang ada didalamnya secara berpasangan di bangku masing-masing.
-          Siswa membuat percakapan menurut contoh yang sudah ada dalam PPT dengan bahasa mereka sendiri.
Mengasosiasi
-          Guru meminta peserta didik untuk mengikuti instruksi yang diberikan (berupa game true or false )
-          Dengan arahan guru siswa membandingkan antara ungkapan niat melakukan sesuatu dalam bahasa Inggris yang telah dipelajari
Mengkomunikasikan
-          Siswa memerankan percakapan yang mereka buat tersebut (role-play) ke depan kelas secara berpasangan. 
75 menit
3
Penutup
-          Siswa menyimpulkan materi yang telah di bahas dikelas
-          Guru memimpin berdo’a untuk mengakhiri pembelajaran.
5 Menit

H.    Sumber /Bahan /Alat
-          PPT
-          Laptop
-          Buku LKS
RUBRIK PENILAIAN

1.      Aspek Sikap
No.
ButirSikap
Deskripsi
Perolehan skor
1.
Jujur
Selalujujur
Seringjujur
Kadang - kadang jujur
Jarang jujur
Tidak pernah jujur
5
4
3
2
1
2.
Tanggungjawab
Selalu tanggung jawab
Sering tanggung jawab
Kadang –kadang tanggung jawab jarang tanggung jawab
Tidak pernah tanggung jawab
5
4
3
2
1
3.
Disiplin
Selalu disiplin
Sering disiplin
Kadang – kadang disiplin
Jarang disiplin
Tidak pernah disiplin
5
4
3
2
1
4.
Kejasama
Selalu kerja sama
Sering kerja sama
Kadang – kadang kerjasama
Jarang kerjasama
Tidak pernah kerja sama
5
4
3
2
1
5.
Percayadiri
Selalu percaya diri
Sering percaya diri
Kadang – kadang percaya diri
Jarang percaya diri
Tidak pernah percaya diri
5
4
3
2
1

2.      Aspek Pengetahuan
No.
Butir Sikap
Deskripsi
Perolehan skor
1.
Pengucapan
Hampir sempurna
Ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
Terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
5
4
3
2
1
2.
Intonasi
Hampir sempurna
Ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
Terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
5
4
3
2
1
3.
Ketelitian
Sangat teliti
Teliti
Cukup teliti
Kurang teliti
Tidak teliti
5
4
3
2
1
4.
Pemahaman
Sangat memahami
Memahami
Cukup memahami
Kurang memahami
Tidak memahami
5
4
3
2
1

3.      Aspek Ketrampilan
No.
Butir Sikap
Deskripsi
Perolehan skor
1.
Terampil melakukan tindak komunikasi yang tepat
Selalu melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
Sering melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
Beberapa ahli melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
Pernah melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
Tidak pernah melakukan kegiatan komunikasi yang tepat

5
4
3
2
1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar