Rabu, 07 November 2018

RPP Congratulation and Compliments K-13 (Kelas X Semester I)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                      MAN 1 SEMARANG
Mata Pelajaran                    : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                     : 10/1
Alokasi Waktu                     : 2 x 45 Menit
Topik Pembelajaran           : Congratulation and Compliments

A.    Kompetensi Inti :
KI 1     : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2     : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (goton groyong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive, dan pro aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3     : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, dan procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, tekhnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4`   :Mengolah menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang di pelajarinya disekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
3.2 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberikan dan memberikan ucapan selamat dan memuji bersayap (extended), serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.2 Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sederhana  yang melibatkan tindakan memberikan ucapan selamat dan memuji bersayap (extended), dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

·         Fungsi sosial :
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain.
·         Struktur Teks
-       Memulai
-       Menanggapi (diharapkan atau diluar dugaan).
·         Unsur Kebahasaan
-       Ungkapan memberikan ucapan selamat dan memuji bersayap (extended) dan menanggapinya.
-        Nominal singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
-       Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan.
·         Topik
Interaksi antara guru dan peserta didik didalam dan diluar kelas yang melibatkan ucapan selamat dan pujian yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI.





















C.    Indikator
3.2.1 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberikan dan memberikan ucapan selamat dan memuji bersayap (extended), serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.2.2 Mengidentifikasi teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sederhana  yang melibatkan tindakan memberikan ucapan selamat dan memuji bersayap (extended), dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
D.    Tujuan Pembelajaran
1.      siswa mampu menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberikan dan memberikan ucapan selamat danmemuji bersayap (extended), serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
2.      Siswa mampu menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sederhana  yang melibatkan tindakan memberikan ucapan selamat dan memuji bersayap (extended), dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
E.     Materi Pembelajaran
1.      Giving Congratulations
Congratulations are words expressing praise for an achievement or good wishes on a special occasion. Saying congratulations is one of the best ways to late a person know that you proud of him.
a.      Social function of congratulating someone
-          To develop interaction and communication with others.
-          To express our happiness or positive feelings about their success, and also to maintain good relationship among friends, classmate, fellow workers, collages, etc.
-          To respond someone’s achievement or success.
Structure of congratulations
When we give congratulations, we may say more than one word or one sentence. Look at the following example !
Congratulations! You are great.
Congratulating                 Extension
The extension can be expression of complimenting.
In dialogue, we can conclude that the structure of congratulating someone is :
A: giving congratulations
B: thanking
Language features of giving congratulations
The following are some expressions of congratulations.
a.       May we congratulate you on …
b.      I must congratulate you on …
c.       I congratulate you on…
d.      Please accept my warmest congratulations.
e.       Congratulations on your …
f.       This calls for a celebration.
We can use the following responses.
a.       Thank you very much.
b.      That’s very kind of you.
c.       Thanks, the same to you.
d.      I don’t know what to say.
e.       How nice of you to say so.
f.       Oh, not really.
g.      Oh, its nothing special, actually.
h.      Congratulations !
i.        Well done or great job.
j.        Good luck !
k.      Happy birthday
l.        Many happy returns
m.    Happy new year


2.      Giving compliments
Everyone likes compliments. Compliments make people feel good about themselves and we all need that at times. People usually add compliments when they congratulate someone. A compliment is expression of praise or admiration. A compliments is a remark expressing admiration, approval or respect. Giving compliment is telling something nice to or about someone. To compliments means to tell someone that you like the way they look or that you are pleased with something they have done. It is a way of showing that you have noticed and appreciated something about someone or situation.
a.       Social Function of Giving Compliment
1.      To improve relationship between people
2.      To give compliment or encouragement.
Most compliments are used to express attention. If you often compliment your friends, it means that you are a good at attentive person. People usually add compliments when they congratulate someone.
b.      Language Features of Giving Compliments
Compliment for Appearance/Things Worn
Compliments for Performance
Compliments for Achievements
·         I really like your hair
·         That’s a lovely dress
·         You look so beautiful.
·         I think you look good in white
·         I love your jacket.
·         What a beautiful hat!
·         It looks good on you.
·         I think you are very great
·         That was a nice performance
·         You are really a good singer
·         You are wonderful on the stage.
·         You are doing great. You did great.
·         It’s very interesting
·         Great job.
·         You are a great teacher.
·         You are clever.
·         How genius you are!
·         You are really did well.

c.       Structure of giving Compliment
When we give compliment, we can add one sentence after the compliment. Look at the structure bellow!
Your hair is nice. It suits on your face.
Complimenting           extension
a.       Noun phrase + is/look + (really) + adjective
Example :
Your dress is really beautiful
b.      I + (really) + like/love + noun phrase
Example :
I really like your dress
c.       Pronoun + is+ (really) + noun phrase
Example :
That’s a really nice painting
e.       Media dan Alat pembelajaran
1.      Media Pembelajaran
Pendekatan                        : Scientific Approach
Metode                              : Communicative approach
2.      Alat Pembelajaran
Lcd proyektor, Laptop.
3.      Sumber Pembelajaran
Internet, Buku LKS Bahasa Inggris

F.     Langkah-Langkah Pembelajaran

No
Kegiatan
Waktu
1
Pendahuluan
-          Guru memberi salam ( greeting)
-          Berdoa
-          Guru memeriksa kehadiran peserta didik
-          Guru menunjukan video dan menanyakan kepada siswa tentang keterkaitan video dengan materi yang akan diajarkan
-          Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
1 menit
2
Kegiatan inti
Mengamati
-          Peserta didik mengamati materi Congratulations and Compliments yang sudah disediakan oleh guru
Menanya
-          Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik membuat pertanyaan terkait materi  pembelajaran.
-          Guru menyampaikan pertanyaan penuntun (leading question) untuk membangkitkan pemahaman siswa.
Mengeksplorasi
-          Guru memberikan contoh kalimat Congratulations and Compliments dan kemudian peserta didik mempraktekan (menirukan) secara lngsung tentang Congratulations and Compliments
-          Siswa bergantian mengucapkan selamat dengan menggunakan unsure kebahasaan yang tepat
-          Siswa mengucapkan dan merespon ucapan selamat yang disampaikan teman atau guru
Mengasosiasi
-          Guru meminta peserta didik untuk mengikuti instruksi yang diberikan
-          Peserta didik memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi social dan unsure kebahasaan.
Mengkomunikasikan
-          Guru meminta siswa untuk membuat kelompok.
-          Guru membagikan gambar tentang congratulation dan menyuruh siswa untuk membuat dialog berdasarkan tema yang mereka dapatkan
-          Perwakilan kelompok maju untuk menyampaikan hasil
18 menit
3
Penutup
-          Guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah diajarkan
-          Guru menutup pembelajaran dengan berdoa
1        Menit





Tidak ada komentar:

Posting Komentar