RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
BAHASA
INGGRIS KURIKULUM 2013
Sekolah : MAN 1 SEMARANG
Mata Pelajaran :
B. Inggris
Kelas/Semester :
X Semester 1
Aspek/Skill` :
Speaking
Tema :
Descriptive
Alokasi Waktu : 2
x 45 menit
A.
Kompetensi Inti
KI 1:
|
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
KI
2:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif
dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
KI 3:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
|
KI 4:
|
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
B.
Kompetensi Dasar
3.4.1
Mengidentifikasi fungsi social structure teks, dan
unsure kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan
meminta informasi terkait tempat wisata dan bangunan bersejarah terkenal,
pendek, dan sederhana, sesuai dengan konteks.
4.4 Teks deskriptif
4.4.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait
fungsi social, struktur teks , dan unsure kebahasaan teks deskriptif lisan dan
tulis, pendek dan sederhana, terkait tempat wisata dan bangunan bersejarah
terkenal.
4.4.2 Menyusun
teks deskriptif lisan dan tertulis, pendek dan sederhana, terkait tempat
wisata dan bangunan bersejarah terkenal,
dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsure kebahasaan,
secara benar dan sesuai konteks.
C.
Indikator
1. Mengidentifikasi fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur teks kebahasaan deskriptif tentang pariwisata
atau bangunan bersejarah.
2. Mengidentifikasi contoh-contoh teks deskriptif
tentang tempat pariwisata atau bangunan bersejarah
3. Membuat teks
deskriptif dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsure
kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
D.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat
mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur teks kebahasaan
deskriptif tentang pariwisata atau bangunan bersejarah.
2. Siswa dapat mengidentifikasi contoh-contoh teks deskriptif
tentang tempat pariwisata atau bangunan bersejarah.
3. Siswa dapat membuat teks
deskriptif dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsure
kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
E.
Metode
Pembelajaran /Teknik
Metode yang digunakan adalah Scientific Learning
F.
Materi Pokok
Descriptive text is a text which describe a
place or a person. Its purpose is to describe and reveal a particular person,
place, or thing.
General structure:
1.
Identification: it identifies the subject to be described
2.
Description: it
describe the characteristic feature of the subject. It may describe part,
qualities, characteristics, size, physical appearance , ability , habit, daily
live
The Language Feature of Descriptive
Text
1. Using attributive and identifying
process.
2. Using adjective and classifiers in
nominal group.
3. Using simple present tense
There are many
tourist attractions, such as park, beach, theme park, museum, zoo, waterfall
and lake. Tourist attraction is a place that people visit or pleasure an
interest, usually while they are on holiday. People usually visit a tourist
attraction typically for its inherent or exhibited natural or cultural value,
historical significance, natural or built beauty, offering pleasure, adventure,
and amusement.
In this
chapter, we are going to discuss about descriptive text about tourist
attraction, such as national park and historical sites.
1.
National Park: is a park in
use for conservation purposes. Often it is a reserve of natural, semi natural,
or developed land that a sovereign state declares or own.
2.
Historical
Sites: is an official location where pieces or
political, military, cultural, or social history has been reserved due to their
cultural heritage value. Historic sites are usually protective by low, and many
have been recognize with the official national historic site status.
Tittle
|
Kembang Island
|
Identification
|
Kembang Island is a delta located
in the middle of the Barito River included in the district administrative
region Alalak, Barito Kuala, South Kalimantan, Indonesia
|
Description
|
Kembang Island is a habitat for
hundreds of monkey and several species of birds. Here also is habitat for Bekantan.
Bekantan is a monkey which has long nose, these monkeys are shy proboscis
monkey, including if there are visitors coming to the island. Visitors can
also see the monkeys swimming there. The visitors can also interact with them
by feeding them with nuts, bananas, or other food.
|
G.
Langkah-Langkah
Kegiatan
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
-
Guru
memberi salam ( greeting)
-
Berdoa
-
Guru memeriksa kehadiran peserta didik
-
Guru
menyampaikan cakupan materi / Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan inti
Mengamati
-
Pesertadidik mengamati materi Descriptive
yang sudah disediakan oleh guru dalam LCD
-
Mencermati beberapa contoh text Descriptive
dengan menganalisis struktur dan unsure kebahasaan yang ada dalam text
Descriptive
Menanyai
-
Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta
didik membuat pertanyaan terkait materi
pembelajaran
Mengumpulkan informasi
-
Peserta
didik diminta untuk membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku LKS,
untuk mengetahui lebih detile tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks Deskriptif
Mengasosiasi
-
Guru
membagikan gambar seseorang dan potongan kertas yang berisi kata-kata sifat
dan ciri-ciri dari gambar tersebut
-
Siswa secara berkelompok diminta untuk
menempelkan beberapa kata sifat dan cirri-ciri yang sesuai dengan gambar yang
tersedia
-
Guru memberikan feedback mengenai hasil
diskusi kelompok
Mengkomunikasikan
-
Siswa
secara berkelompok berlatih mendeskripsikan tempat wisata atau bangunan
bersejarah sesuai dengan gambar yang mereka dapat dari guru.
-
Perwakilan
kelompok maju untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka
|
75 menit
|
3
|
Penutup
-
Siswa menyimpulkan materi yang
telah di bahas dikelas
-
Guru memimpin berdo’a untuk
mengakhiri pembelajaran.
|
5 Menit
|
H.
Sumber/Bahan/Alat
-
PPT
-
Laptop
-
LKS
RUBRIK PENILAIAN
1.
Aspek
Sikap
No.
|
Butir Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan skor
|
1.
|
Jujur
|
Selalu jujur
Sering jujur
Kadang - kadang
jujur
Jarang jujur
Tidak pernah jujur
|
5
4
3
2
1
|
2.
|
Tanggung jawab
|
Selalu tanggung
jawab
Sering tanggung
jawab
Kadang – kadang
tanggung jawab
Jarang tanggung
jawab
Tidak pernah tanggung
jawab
|
5
4
3
2
1
|
3.
|
Disiplin
|
Selalu disiplin
Sering disiplin
Kadang – kadang
disiplin
Jarang disiplin
Tidak pernah disiplin
|
5
4
3
2
1
|
4.
|
Kejasama
|
Selalu kerja sama
Sering kerjasama
Kadang-kadang
kerjasama
Jarang kerjasama
Tidak pernah kerjasama
|
5
4
3
2
1
|
5.
|
Percayadiri
|
Selalu percayadiri
Sering percayadiri
Kadang – kadang
percayadiri
Jarang percayadiri
Tidak pernah percayadiri
|
5
4
3
2
1
|
2. Aspek Pengetahuan
No.
|
Butir Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan skor
|
1.
|
Pengucapan
|
Hampir sempurna
Ada kesalahan
tapi tidak mengganggu makna
Ada beberapa kesalahan
dan mengganggu makna
Banyak kesalahan
dan mengganggu makna
Terlalu banyak
kesalahan sehingga sulit dipahami
|
5
4
3
2
1
|
2.
|
Intonasi
|
Hampir sempurna
Ada kesalahan
tapi tidak mengganggu makna
Ada beberapa kesalahan
dan mengganggu makna
Banyak kesalahan
dan mengganggu makna
Terlalu banyak
kesalahan sehingga sulit dipahami
|
5
4
3
2
1
|
3.
|
Ketelitian
|
Sangat teliti
Teliti
Cukup teliti
Kurang teliti
Tidak teliti
|
5
4
3
2
1
|
4.
|
Pemahaman
|
Sangat memahami
Memahami
Cukup memahami
Kurang memahami
Tidak memahami
|
5
4
3
2
1
|
3. Aspek Ketrampilan
No.
|
Butir Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan skor
|
1.
|
Terampil melakukan
tindak komunikasi yang tepat
|
Selalu melakukan
kegiatan komunikasi yang tepat
Sering melakukan
kegiatan komunikasi yang tepat
Beberapa ahli
melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
Pernah melakukan
kegiatan komunikasi yang tepat
Tidak pernah melakukan
kegiatan komunikasi yang tepat
|
5
4
3
2
1
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar