RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : MAN 1 SEMARANG
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : 10/1
Alokasi
Waktu : 2 x 45 Menit
Topik
Pembelajaran : Self-Introduction
A. Kompetensi Inti :
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (goton groyong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsive, dan pro aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
factual, konseptual, dan procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, tekhnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4` :Mengolah
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang di pelajarinya disekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
3.1Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan
dan tulis yang melibatkan tindakan memberikan dan meminta informasi terkait
jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunannya.
(perhatikan unsur kebahasaan pronoun : subjective, objective, possossive)
4.1 Menyusun teks interaksi interaksi transaksional lisan dan tulis pendek
dn sederhana yang melibatkan tindakan
memberikan dan meminta informai terkait jati diri, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
|
·
Fungsi sosial :
Mengenalkan, menjalin hubungan
interpersonal dengan teman dan guru.
·
Struktur Teks
-
Memulai
-
Menanggapi (diharapkan atau diluar
dugaan).
·
Unsur Kebahasaan
-
Sebutkan anggota keluarga inti dan
yang lebih luas dan orang-orang dekat lainnya ; hobi, kebiasaan.
-
Verba : be, have, go, work,
live(dalam simple present tense)
-
Subject pronoun: I, you, we,
they, he , she, it.
-
Kata ganti possessive my, your,
hes,dsb.
-
Kata Tanya : who? which? How?
Dst.
-
Nominal singular dan plural
dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their,dsb.
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi,
ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan.
·
Topic
Deskripsi diri sendiri sebagai bagian dari keluarga
dan masyarakat yang dapat menumbuhkanperilaku yang termuat di KI.
|
C. Indikator
3.1.1
Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan
memberikan dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga,
sesuai dengan konteks penggunannya. (perhatikan unsur kebahasaan pronoun :
subjective, objective, possossive).
4.1.2 Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dn sederhana yang melibatkan tindakan memberikan dan
meminta informai terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
D. Tujuan
1.
Siswa mampu memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan
memberikan dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga,
sesuai dengan konteks penggunannya. (perhatikan unsur kebahasaan pronoun :
subjective, objective, possossive).
2.
Siswa mampu menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan
sederhana yang melibatkan tindakan
memberikan dan meminta informai terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
E.
Materi Pembelajaran
1. Introduction self /
others
a. Self-identity
Self-identity is the quality that makes a person or
thing different from others. To make people know about our self-identity, we
should do self-introduction. Self-introduction means telling people who you
are, what you do, what your interests are, where you are from, and what you
have done in your life.
b. Social Function of
Self-Introduction
The social function of self-introduction is to
introduce and mention identity in order to develop interactional communication
with others.
c. Structure of
Self-Introduction
-
Introduction (name and hometown)
-
Body (background and personal
details, such as hobbies and interests)
-
Conclusion (future goals)
Example :
Asking
For Information About Self-Identity
|
Giving
Information About Self-Identity
|
-
May I know your name?
-
What is your name?
-
Where do you live?
-
How old are you?
-
What do you do?
-
Where do you work?
-
What is your hobby?
-
Etc.
|
-
Hello, allow me to introduce my-self,
my name is….
-
May I introduce my-self? My name
is…
-
Let me introduce my-self. I am …
-
Hello, my name is ….
-
Hi, I am Rudi.
-
Etc.
|
When you want to start a conversation with someone whom you don’t know,
use the following expressions!
-
We haven’t meet before, have we ?
-
The weather is nice, isn’t it ?
-
This is nice area, isn’t it?
2.
Kinship
Kinship is blood relationship. Kinship tells us how
we are related to our family or each
other, through our biology and history. Kinship can be a complex system of
social groups. It is a universal system as everyone has a family.
In self-introduction, we can
also tell about our family. The following are some expression use to ask for
and giving information about Kinship.
Asking
for Information About Kinship
|
Giving
Information About Kinship
|
-
How many persons are there in
your family?
-
How many brothers and sisters do
you have?
-
Do you live with your parents?
-
What is your father’s name?
-
Are you the eldest?
-
Are you married?
|
-
There are five persons in my
family
-
I have two brothers and one sister
-
Yes, I live with m parents
-
My fathers is Handoko
-
No, I am the youngest.
-
No, I am single
|
Asking
About Someone
|
Introducing
Someone
|
-
Who is she/he?
-
Is she your sister?
-
Who is that?
|
-
Nadya, this is my little
brother, Andi. Andi, this is my classmate, Nadya.
-
Let me introduce my brother. he
is Doni.
-
She is my mother. Her name is
Anisa.
-
Yes, she is my big sister.
|
3.
Pronouns
Pronoun is a word that takes the place of a noun for
subject, object, or possessive cases. In other words, a pronoun is a word that
takes the place of a noun.
|
Subject Pronoun
|
Object Pronoun
|
Possessive Adjective (Determiner)
|
Possessive Pronoun
|
Reflexive or Intensive Pronoun
|
1st person
singular
|
I
|
me
|
my
|
mine
|
myself
|
2nd person
singular
|
you
|
you
|
your
|
yours
|
yourself
|
3rd person
singular, male
|
he
|
him
|
his
|
his
|
himself
|
3rd person
singular, female
|
she
|
her
|
her
|
hers
|
herself
|
3rd person
singular, neutral
|
it
|
it
|
its
|
|
itself
|
1st person
plural
|
we
|
us
|
our
|
ours
|
ourselves
|
2nd person
plural
|
you
|
you
|
your
|
yours
|
yourselves
|
3rd person
plural
|
they
|
them
|
their
|
theirs
|
themselves
|
F.
Media dan Alat pembelajaran
1.
Media Pembelajaran
Pendekatan : Scientific Approach
Metode : Communicative approach
2.
Alat Pembelajaran
Lcd proyektor, Laptop.
3.
Sumber Pembelajaran
Internet, Buku LKS Bahasa Inggris
G. Langkah-Langkah Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
-
Guru memberi salam ( greeting)
-
Berdoa
-
Guru memeriksa kehadiran peserta
didik
-
Guru menanyakan pengetahuan siswa
sebelumnya, dengan materi yang akan dijelaskan
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
-
Guru
menyampaikan cakupan materi dan kegiatan pembelajaran.
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan inti
Mengamati
-
Pesertadidik mengamati materi self-introduction
yang sudah disediakan oleh guru
dalam LCD
Menanyai
-
Dengan bimbingan dan arahan
guru, peserta didik membuat pertanyaan terkait materi pembelajaran.
-
Guru menyampaikan pertanyaan
penuntun (leading question) untuk
membangkitkan pemahaman siswa.
Misalnya:
How do people introduce themselves in our culture?
Mengumpulkan
informasi
-
Guru membimbing peserta didik
untuk menggali dan mengumpulkan informasi tentang pemaparan jati diri berupa
monolog dan percakapan dari berbagai sumber melalui berbagai cara, misalnya
yang terdapat pada buku LKS Belajar Praktis Bahasa Inggris Kelas X
semester 1, halaman 5-7
-
Peserta didik mengidentifikasi
fungsi sosial dan struktur teks pemaparan jati diri yang berupa monolog dan
percakapan.
-
Peserta didik menggrisbawahi
hal-hal yang perlu disebutkan dalam pemaparan jati diri dalam teks monolog
dan percakapan
Mengasosiasi
-
Guru meminta peserta didik untuk
mengikuti instruksi yang
diberikan (berupa game pingpong my name)
-
Peserta didik memperoleh balikan
(feedback) dari guru dan teman tentang fungsi social dan unsure kebahasaan.
-
Peserta didik membuat paragraph
yang berisikan tentang self introduction dan kinship
Mengkomunikasikan
-
Peserta didik menjawab
pertanyaan berdasarkan teks pemaparan jati diri
-
Peserta didik mempraktikkan
dialog atau monolog yang dan
percakapan tentang memaparkan jati diri dengan melibatkan dan leave-taking.
|
75 menit
|
3
|
Penutup
-
Guru membuat kesimpulan tentang materi
yang telah diajarkan
-
Guru member motivasi kepada siswa
untuk lebih aktif dalam pembelajaran berikutnya.
-
Guru memberikan tugas untuk pertemuan berikutnya.
|
5 Menit
|
RUBRIK PENILAIAN
1.
Aspek Sikap
No.
|
ButirSikap
|
Deskripsi
|
Perolehan
skor
|
1.
|
Jujur
|
Selalujujur
Seringjujur
Kadang - kadang jujur
Jarang jujur
Tidak pernah jujur
|
5
4
3
2
1
|
2.
|
Tanggungjawab
|
Selalu tanggung jawab
Sering tanggung jawab
Kadang –kadang tanggung jawab jarang tanggung
jawab
Tidak pernah tanggung jawab
|
5
4
3
2
1
|
3.
|
Disiplin
|
Selalu disiplin
Sering disiplin
Kadang – kadang disiplin
Jarang disiplin
Tidak pernah disiplin
|
5
4
3
2
1
|
4.
|
Kejasama
|
Selalu kerja sama
Sering kerja sama
Kadang – kadang kerjasama
Jarang kerjasama
Tidak pernah kerja sama
|
5
4
3
2
1
|
5.
|
Percayadiri
|
Selalu percaya diri
Sering percaya diri
Kadang – kadang percaya diri
Jarang percaya diri
Tidak pernah percaya diri
|
5
4
3
2
1
|
2. Aspek
Pengetahuan
No.
|
Butir Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan
skor
|
1.
|
Pengucapan
|
Hampir sempurna
Ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
Terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
|
5
4
3
2
1
|
2.
|
Intonasi
|
Hampir sempurna
Ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
Terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
|
5
4
3
2
1
|
3.
|
Ketelitian
|
Sangat teliti
Teliti
Cukup teliti
Kurang teliti
Tidak teliti
|
5
4
3
2
1
|
4.
|
Pemahaman
|
Sangat
memahami
Memahami
Cukup memahami
Kurang
memahami
Tidak memahami
|
5
4
3
2
1
|
3. Aspek
Ketrampilan
No.
|
Butir Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan skor
|
1.
|
Terampil
melakukan tindak komunikasi yang tepat
|
Selalu
melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
Sering
melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
Beberapa
ahli melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
Pernah
melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
Tidak pernah
melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
|
5
4
3
2
1
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar